Minggu, 08 Mei 2016

MAKALAH LAPORAN KUNJUNGAN KE D.I YOGYAKARTA




MAKALAH LAPORAN KUNJUNGAN KE D.I YOGYAKARTA




Laporan Kunjungan ke 
 D.I Yogyakarta



DI SUSUN OLEH:

Kelompok 9


 

SMAN 1JATITUJUH




 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan kasih‐Nya, atas anugerah hidup dan kesehatan yang telah saya terima, serta petunjuk‐Nya sehingga memberikan kemampuan dan kemudahan bagi saya dalam penyusunan karya tulis ini.
Didalam karya tulis ini saya selaku penyusun hanya sebatas ilmu yang bisa saya sajikan,sebagai laporan kunjungan Study Tour ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana didalamnya saya sajikan beberapa hal yang bisa kita pelajari khususnya tempat – tempat wisata yang ada di jogja yang indah dan menawan.
Saya menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman saya tentang kota Yogyakarta, menjadikan keterbatasan saya pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini,oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.
Harapan saya, semoga karya tulis ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang kota Yogyakarta.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan ini. Terutama kepada rekan satu kelompok atas kerjasamanya.dan guru bahasa Indonesia yang telah membimbing dalam penyusunan karya tulis ini.
Jakarta, Agustus 2012
Penyusun

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………… i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang …………………………………………………………….. 1
B.     Perumusan Masalah……………………………………………………..…. 1-2
C.     Tujuan Kunjungan………………………………………………………..… 2
D.    Manfaat Kunjungan………………………………………………..……….. 2

BAB II LAPORAN HASIL KUNJUNGAN KE JOGYAKARTA
A.  Diyeng……………………………………………………………………..3-4
B.    Parangtritis…………………………………………………………..………  4-17
C.     Malioboro……………………………………………………………..……. 17-18
D.    Borobudur…………………………………………………………...……… 18-26
E.     Universitas gajah mada………………………………………………………
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan………………………………………………………………….. 27
B.     Saran………………………………………………………………………… 27

LAMPIRAN-LAMPIRAN GAMBAR…………………………………………… 28


------------------------------------------------------------------------------------------------------------



BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Daerah istimewa yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama jogja,merupakan kota yang terkenal dengan sejarah dan warisan budayanya.
Yogyakarta merupakan pusat kerajaan mataram,dan sampai saat ini masih ada keraton yang masih berfungsi dalam arti sesungguhnya.jogja juga memiliki banyak candi yang berusia ribuan tahun yang merupakan peninggalan kerajaan besar zaman dahulu,salah satunya adalah candi borobudur yang dibangun pada abad ke 9 olehdinasti syailendra,sedangkan arsitek dari candi tersebut adalah gunadharma.
Pegunungan,pantai-pantai,hamparan sawah yang hijau dan udara yang sejuk menghiasi keindahan kota jogja.masyarakat jogja hidup dengan damai dan mempunyai keramahan yang khaas.coba kita berkeliling desa,kita pasti akan mendapat senyuman dansapaan yang hangat dari para penduduk sekitar.
Suasana seni yang begitu terasa di jogja.malioboro yang merupakan urat nadi jogja dibanjiri barang-barang kerajinana dari segenap penjuru. Para pengayuh becakpun siap mengantarkan kita mengelilingi tempat-tempat pariwisata.
Tak ayal bila kota jogja sangat terkenal dan merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan mancanegara,untuk berlibur dan mengabiskan sisa waktu istirahatnya di jogja.
B. RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sejarah kota jogjakarta?
2.      Mengapa Jogjakarta sangat terkenal dimata regional maupun internasional?
3.      Apa yang mempengaruhi kota jogjakarta sebagai salah satu icon indonesia?
4.      Dimana saja tempat-tempat pariwisata yang sering dikunjungi para wisatawan?
5.      Kenapa kota Jogjakarta dikatakan sebagai kota pariwisata?
6.      Mengapa jogjakarta disebut juga sebagai kota pendidikan?
7.      Kapan Borobudur diresmikan sebagai keajaiban dunia?
8.      Apa saja kekuatan alam yang berada di Jogjakarta?
9.      Mengapa kota jogjakarta tetap mempertahankan nilai-nilai kebudayaannya?
10.  Mengapa di kota jogjakarta terdapat banyak candi?
11.  Usaha apa saja yang dilakukan untuk tetap mempertahankan kota jogjakarta?
12.  Bagaimana cara untuk  menjaga kota wisata ini agar tetap utuh?

C. Tujuan Kunjungan
Tujuannya adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tidak diajarkan di sekolah,mengetahui tempat-tempat wisata yang ada di jogja, dan dapat mengetahui seluk beluk tempat-tempat wisata yang ada di jogja.
E. Manfaat Kunjungan
Manfaat dari kunjungan ke Yogja sangat banyak antara lain  :
1.      menambah ilmu pengetahuan, wawasan yang umum dan luas.
2.      mengenal tempat-tempat wisata di jogja yang indah dan dipelihara di Indonesia.
3.      mengetahui asal usul dari tempat-tempat wisata di jogja.
4.      mempererat keakraban dengan teman satu sekolah.
5.      kebersamaan yang sangat erat dan kerjasama antar kelompok.

Dengan demikian diselenggarakannya kunjungan ke jogja sangat bermanfaat.


 -------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
Laporan Hasil Kunjungan Ke Yogyakarata
A. Candi Arjuna
Candi Arjuna. Candi ini mirip dengan candi-candi di komples Gedong Sanga. Berdenah dasar persegi dengan luas sekitar ukuran sekitar 4 m2. Tubuh candi berdiri diatas batur setinggi sekitar 1 m. Di sisi barat terdapat tangga menuju pintu masuk ke ruangan kecil dalam tubuh candi. Pintu candi dilengkapi dengan semacam bilik penampil yang menjorok keluar sekitar 1 m dari tubuh candi. Di atas ambang pintu dihiasi dengan pahatan Kalamakara.
Pada dinding luar sisi utara, selatan dan barat terdapat susunan batu yang menjorok ke luar dinding, membentuk bingkai sebuah relung tempat arca. Bagian depan bingkai relung dihiasi dengan pahatan berpola kertas tempel. Bagian bawah bingkai dihiasi sepasang kepala naga dengan mulut menganga. Di bagian atas bingkai terdapat hiasan kalamakara tanpa rahang bawah. Pada dinding di kiri dan kanan ambang pintu bangunan utara terdapat relung tempat meletakkan arca. Saat ini kedua relung tersebut dalam keadaan kosong.
Pada dinding di sisi selatan, barat dan utara terdapat relung tempat meletakkan arca. Ambang relung diberi bingkai dengan hiasan pola kertas tempel dan Kalamakara di atasnya. Kaki bingkai dihiasi dengan pahatan kepala naga dengan mulut menganga. Tepat di pertengahan dinding di bawah relung terdapat jaladwara (saluran air).
Atap candi berbentuk kubus bersusun, makin ke atas makin mengecil. Bagian atas dan puncak atap sudah hancur. Di setiap sisi masing-masing kubus terdapat relung dan di setiap sudut terdapat hiasan berbentuk seperti mahkota bulat berujung runcing. Sebagian besar hiasan tersebut sudah rusak.
Di tengah ruangan di dalam tubuh candi terdapat yang tampak seperti sebuah yoni. Di sudut luar, menempel pada dinding belakang candi terdapat arca yang sudah rusak.
b. Candi Srikandi
Candi ini terletak di utara Candi Arjuna. Batur candi setinggi sekitar 50 cm dengan denah dasar berbentuk kubus. Di sisi timur terdapat tangga dengan bilik penampil.
Pada dinding utara terdapat pahatan yang menggambarkan Wisnu, pada dinding timur menggambarkan Syiwa dan pada dinding selatan menggambarkan Brahma. Sebagian besar pahatan tersebut sudah rusak. Atap candi sudah rusak sehingga tidak terlihat lagi bentuk aslinya.

1.Telaga warna yang elok di mata
Sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung, Telaga Pengilon, yang letaknya bersebelahan persis dengan Telaga Warna, uniknya warna air di telaga ini bening seperti tidak tercampur belerang. Keunikan lain adalah yang membatasi Telaga Warna dengan Telaga Pengilon hanyalah rerumputan yang terbentuk seperti rawa kecil. Telaga Merdada, adalah merupakan yang terbesar di antara telaga yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Airnya yang tidak pernah surut dijadikan sebagai pengairan untuk ladang pertanian. Bahkan Telaga ini juga digunakan para pemancing untuk menyalurkan hobi atau juga wisatawan yang sekadar berkeliling dengan perahu kecil yang disewakan oleh penduduk setempat.
3. Kawah sikidang yang penuh bau belerang yang menyengat
Sikidang adalah kawah di DTD yang paling populer dikunjungi wisatawan karena paling mudah dicapai. Kawah ini terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Dari karakter inilah namanya berasal karena penduduk setempat melihatnya berpindah-pindah seperti kijang (kidang dalam bahasa Jawa).
C. Malioboro
Malioboro adalah jalan yang di penuhi oleh pedagang yang menjual buah tagan Khas Yogyakarta. Di malioboro juga banyak menjual barang-barang Tradisional seperti blankon , batik dan lain lain.
Dan juga banyak yang menjual makanan makanan khas Jogja seperti Bakpia gudeg dll . yang harganya murah murah.
Malioboro beda dengan perbelanjaan di kota lainnya karena pasarnya terletak di sepanjang trotoar yang panjangnya 2 KM. dan banyak pedagang kaki lima berjualan disana..
B. Pantai Parangtritis
Parangtritis, adalah sebuah tempat pariwisata berupa pantai pesisir Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang tinggi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut oleh orang-orang sekitar  gumuk.
Pantai Parangtritis merupakan pantai yang penuh mitos, diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan trimurti yang terdiri dari Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta dan Parangtritis. Pantai ini juga diyakini sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah selesai menjalani pertapaan. Dalam pertemuan itu, Senopati diingatkan agar tetap rendah hati sebagai penguasa meskipun memiliki kesaktian.
Sejumlah pengalaman wisata bisa dirasakan di pantai ini. Menikmati pemandangan alam tentu menjadi yang paling utama. Pesona alam itu bisa diintip dari berbagai lokasi dan cara sehingga pemandangan yang dilihat lebih bervariasi dan anda pun memiliki pengalaman yang berbeda. Bila anda berdiri di tepian pantainya, pesona alam yang tampak adalah pemandangan laut lepas yang maha luas dengan deburan ombak yang keras serta tebing-tebing tinggi di sebelah timurnya.
Untuk menikmatinya, anda bisa sekedar berjalan dari arah timur ke barat dan memandang ke arah selatan. Selain itu, anda juga bisa menyewa jasa bendi yang akan mengantar anda melewati rute serupa tanpa lelah. Ada pula tawaran menunggang kuda untuk menjelajahi pantai. Biayanya, anda bisa membicarakan dengan para penyewa jasa.
Tapi sayang saat kami pergi kesana hanya waktu pagi hari,jadi kami tidak bisa secara langsung menikmati indahnya pantai parangtritis,yang konon katanya suasana disana sangat indah dan menarik untuk dinikmati.ditambah adanya angkringan yang menjual berbagai minuman dan makanan yang bisa menghangatkan tubuh kita.

C.  Malioboro
Kawasan Malioboro sebagai salah satu kawasan wisata belanja andalan kota Jogja, ini didukung oleh adanya pertokoan, rumah makan, pusat perbelanjaan, dan tak ketinggalan para pedagang kaki limanya. Untuk pertokoan, pusat perbelanjaan dan rumah makan yang ada sebenarnya sama seperti pusat bisnis dan belanja di kota-kota besar lainnya, yang disemarakan dengan nama-merk besar dan ada juga nama-nama lokal.
Barang yang diperdagangkan dari barang import maupun lokal, dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan barang elektronika, mebel dan lain sebagainya. Juga menyediakan aneka kerajinan, misal batik,

D. Universitas gajah mada
Kami datang di UGM pukul 10.00 waktu setempat. Cuaca panas tapi kami semangat untuk mengikuti perjalan study tour tersebut, di UGM  ada banyak fakultas, biologi, farmasi dan hokum. Tapi selebihnya masih bayak lagi, kami di sana di bombing masuk ke segetarium atau aula di berika petunjuk untuk masuk kuliah ke UGM. 183,36 hektar ini awalnya adalah tanah milik Kraton Yogyakarta. Sri Sultan HB IX menghibahkannya untuk UGM. Sebelumnya, proses belajar-mengajar dilakukan di Pagelaran, gedung yang juga milik Keraton Yogyakarta. Gedung yang pertama kali dibangun di lingkungan ini adalah Gedung Pusat (Balairung).
        Menurut Master Plan UGM yang dibuat pada tahun 1984, kawasan UGM terbagi menjadi 11 zone, yaitu zone pusat (13,07 ha), zone sosial humaniora (11,56 ha), zone pertanian (28,6 ha), zone kedokteran (1,71 ha), zone teknik dan MIPA (39,70 ha), zone pelayanan sosial (10,70 ha), zone perumahan timur (10,67 ha), zone perumahan barat (1,57 ha), zone olah raga (11,6 ha), zone rumah sakit (11,6 ha) dan daerah di sebelah utara agro (3,5 ha).
Keseluruhan tanah itu kini sudah resmi berstatus milik UGM, setelah dilakukan sertifikasi tanah secara resmi sejak tahun 1960.

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
maka dapat disimpulkan bahwa tempat-tempat pariwisata yang ada di jogja itu sangat banyak,dan kita harus senantiasa menjaga serta merawatnya agar tetap asri seperti aslinya.agar menarik para wisatawan untuk berlibur ke jogja.
Selain itu,kota jogja yang menawan itu tidak harus kita tambahkan dengan budaya-budaya barat yang kita rasa sangat bagus atau trend.tapi justru itu salah,kita harus tetap menjaga budaya asli  jogja itu sendiri agar mempunyai keaslian yang khas dimata dunia.
Jogja merupakan salah satu kota favorit para wisatawan untuk berlibur dan menghabiskan sisa waktu istirahatnya di tempat-tempat wisata yang ada di jogja.walaupun banyak cerita-cerita mistis  yang beredar di masyarakat luas,para wisatawan tetap antusias menikmati tempat-tempat pariwisata yang ada di jogja.
B. Saran
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan karya tulis ini banyak ditemui kesulitan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik agar kami dapat menyempurnakan karya tulis ini.
Demikianlah Kesimpulan dan saran dalam pembuatan karya tulis ini. Dalam pembuatan karya tulis ini banyak sekali kekurangan-kekurangan, untuk itu  penulis sebagai manusia biasa mohon maaf atas segala keurangan dan kekhilafan. Semoga karya tulis ini
bermanfaat bagi kita semua.













yudianto19cencer




1 komentar:

  1. How to make money from gambling on a horse betting
    › bet-types › betting- › bet-types › betting- Aug 25, 2019 — หาเงินออนไลน์ Aug 25, 2019 This is an overview of betting on sports, including horse betting, including race 바카라 odds, betting 1xbet korean lines, futures, and prop bets.

    BalasHapus